Artikel Hangat
Beranda / Hadits Arba'in / Hidup di dunia hanya sebentar

Hidup di dunia hanya sebentar

HADITS KE – 40

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata, Rasulullah ﷺ memegang kedua pundak saya seraya bersabda, Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau orang yang melewati suatu daerah.

Ibnu Umar berkata: “Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu pagi hari, dan jika kamu berada di pagi hari jangan tunggu sore hari, gunakanlah kesehatanmu untuk sakitmu, dan kehidupanmu untuk kematianmu.”

(Diriwayatkan oleh Al-Bukhari)

◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎◎

🌷 POIN-POIN PENTING

  1. Diantara metode yang dianjurkan dalam nasehat atau pengajaran adalah dengan memegang salah satu anggota tubuh (seperti pundak atau semisalnya) orang yang dinasehati atau diajari.
  2. Bolehnya memulai memberikan nasehat tanpa diminta.
  3. Yang dinasehati terhitung satu orang, namun nasehat tersebut mencakup seluruh umat manusia. Dan ini termasuk gaya bahasa yang tidak jarang didapatkan di dalam Al-Quran dan Sunnah Rasulullah ﷺ.
  4. Anjuran untuk zuhud terhadap dunia, yaitu dengan tidak mencari atau mengambil harta kecuali sebatas pendukung untuk beramal demi kehidupan akhirat kelak.
  5. Ancaman dari bahaya akhlak dan perangai yang buruk. Sebagaimana di hadits ini, digambarkan hidup seseorang bagaikan seorang yang asing, sehingga ia tidak banyak menyerap akhlak dan perangai buruk dari mereka.
  6. Mengurangi angan-angan dunia dan bersiap menuju negeri akhirat dengan amalan-amalan salih.

Wallahu A’lam

※※※※※※※※※※※※※※※※※※

📚Sumber:

  • At-Tuhfah Ar-Robbaniyyah, karya Syeikh Ismail Al-Anshory
  • Syarh Arba’in Nawawiyyah, karya Syeikh Ibnu ‘Utsaimin.

🗓 Kendari, 28 Robiul Akhir 1439 H. Diedit kembali di Kendari, 27 Sya’ban1443 H.

👤 Iben Mukhlis al-Bugishy.

Tentang Fadhil

Fadhil
LIPIA Jakarta

Check Also

Terkait penyejuk pandangan

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا “Ya Rabb kami, anugerahkanlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *